Laman

Selasa, 13 Juli 2010

Sedikit Tentang Crop Circle

Asal usul Crop Circle


Tahun 1678 sebuah ukiran kayu yang disebut "Mowing Devil" yang menggambarkan iblis sedang menggambar desain oval di sebuah ladang gandum telah menjadi tonggak awal sebuah kehadiran Crop Circle. Lalu pada 1880 majalah Nature mulai mempublikasi Crop Circle secara umum melalui peneliti bernama John Rand Capron yang melaporkan tentang adanya batang - batang gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran. Dan sejak abad 17 telah dilaporkan setidaknya 200 kasus kemunculan Crop Circle hingga 1970, yang tidak hanya didaerah Inggris saja bahkan hingga British Columbia (Canada ) dan Australia.

Era penelitian mengenai Crop Circle ini dimulai pada 1980an ketika di wilayah Inggris Selatan bermunculan Crop Circle yang pada saat itu masih berbentuk sederhana dengan bentuk lingkaran dan bentuk Celtic cross membentuk model pictogram. Dan semenjak menjelang 1990 bentuknya mulai berkembang maju lagi, bentuk - bentuk seperti fractal , elemen teori dasar quantum, matematika,hingga model energi spritual pun telah biasa ditemukan. Mengenai ukurannya pun mulai bervariasi mulai dari yang berdiameter sekitar 2 meter persegi hingga mencapai 600 meter persegi.....!
Bahkan hingga tahun ini telah dilaporkan hingga mencapai 10000 kemunculan Crop Circle diseluruh dunia sejak ditemukannya.

Pemerintah US pada masa perang dingin telah menciptakan kontrol publik terhadap pemberitaan mengenai fenomena -fenomena aneh dibawah US Freedom of Information Act tahun 1953 oleh Robertson Panel yang menyatakan bahwa Crop circle ini telah dibuat oleh orang-orang iseng dengan sebilah papan dan tali..atau akibat cuaca tertentu bahkan juga diakibatkan oleh prilaku hewan tertentu saat musim kawin... Lalu tahun 1991, dua pria dari Southampton, Inggris bernama Dave Chorley dan Doug Bower mengaku telah membuat Crop circle sejak tahun 1976. Pernyataan keduanya menurut peneliti George Wingfield dan Armen Victorian berasal dari kementrian pertahanan Inggris yang telah berkolusi dengan CIA dengan niat untuk mendiskreditkan fenomena Crop Circle tersebut dengan mengajukan dua hoaxers ini dalam upaya untuk mengatasi keingintahuan publik yang mulai tumbuh terhadap kemunculan Crop Circle ini...

Mereka mengklaim telah membuat semua formasi Crop Circle di sekitaran daerah Hampshire Inggris tetapi begitu di konfrontasikan dengan formasi lain yang hampir sama yang terjadi di wilayah yang lain mereka menyatakan "Eh, tidak, kita tidak membuatnya," jawab mereka. Pada akhirnya, bahkan tidak Doug dan Dave tahu lagi mana Crop Circle yang telah mereka buat. Dan meskipun mereka mengklaim telah membuat Crop Circle palsu ini sejak tahun 1978 mereka tidak bisa menjelaskan bagaimana dengan kemunculan - kemunculan Crop Circle sebelum tahun itu..yang jika dirunut kembali hingga abad 17...?

Pada tahun 1998, salah satu anggota dari duo penipu ini membuat sebuah pengakuan yang luar biasa yang dimuat koran-koran Inggris bahwa ia telah dibimbing oleh suatu kekuatan yang tak dikenal.
Sejak Doug dan Dave telah resmi dinyatakan sebagai hoaxer, banyak hoaxer peniru muncul di TKP. Beberapa diantaranya melakukannya untuk menyangkal atau menggelincirkan para peneliti, beberapa diantaranya mencoba mengambil keuntungan, ada juga yang melakukannya karena mereka adalah penderita sociopaths, bahkan kadang beberapa orang hoaxer ini melakukan karena mereka benar-benar percaya bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan fenomena aneh ini.
Ada juga yang mengatakan asal usul kisahnya mungkin sedikit mistik. Sang petani yang menolak tuntutan pekerjaan sang majikan, mengatakan bahwa lebih baik iblis yang mengerjakan tugasnya. Pada malam itu juga, Ladang gandum tersebut terlihat terbakar oleh api. Paginya lingkaran misterius berbentuk oval muncul di ladang tersebut.

Entahkan ini kisah nyata atau tidak, tidak ada yang bisa mengkonfirmasinya.
Laporan crop circle yang lebih modern dipublikasikan di majalah Nature edisi 29 Juli 1880. Pada tahun itu, seorang peneliti bernama John Rand Capron melaporkan adanya tanaman-tanaman gandum yang merunduk dan membentuk lingkaran sirkular.
Crop circle mulai mendunia pada tahun 1980-an ketika media melaporkan banyak crop circle muncul di wilayah pedesaan Inggris, terutama di Wiltshire dan Hampshire. Bersamaan dengan kemunculan di Inggris, fenomena yang sama dilaporkan muncul di Australia dan Amerika Serikat. Hingga saat ini paling tidak ada 12.000 Crop circle yang telah ditemukan di seluruh dunia, seperti Inggris, Rusia, Amerika Serikat, Kanada dan bahkan Jepang, juga korea selatan ataupun daerah asia yang lain


Crop Circle - tanda kemunculan


Menurut para saksi mata, Sebelum Crop circle muncul, selalu ada tanda-tanda aneh yang mendahului :

1. Adanya lingkaran-lingkaran cahaya aneh yang melayang-layang diatas ladang.
2. Terjadinya badai petir hebat.
3. Benda-benda elektrik tiba-tiba mati dengan sendirinya termasuk mesin mobil.

Karena itu hingga saat ini, teori sains yang paling populer mengenai dugaan penyebab kemunculan crop circle adalah akibat medan elektromagnetik yang berasal dari petir. Namun para ilmuwan belum bisa memecahkan misteri mengapa petir dapat menciptakan pola-pola yang indah..


Karakteristik Crop Circle Asli


Karakteristik yang ditemukan pada crop circle yang asli adalah sebagai berikut :

Batang gandum tidak patah
Pada crop circle yang asli, tanaman gandum tidak patah. Ia hanya merunduk seperti sebuah sendok plastik yang dipanaskan. Menurut para peneliti, hal ini bisa diakibatkan oleh semburan elektromagnetik yang deras kearah tanaman gandum hingga menambah kelembaban batang gandum yang memungkinkannya untuk merunduk tanpa patah.


Lubang-lubang kecil pada batang gandum
Ciri lainnya adalah ditemukan lubang-lubang kecil di batang gandum. Para peneliti menduga bahwa lubang ini tercipta akibat adanya semburan gelombang mikro yang terus-menerus yang menyebabkan kelembaban batang gandum berubah menjadi uap panas yang kemudian mencari jalan keluar dari batang gandum.


Pola Rumit
Memang, manusia yang berusaha membuat crop circle mampu membuat pola yang rumit, namun tidak dalam semalam. Crop circle asli terkadang memiliki pola geometri yang asing bagi kebanyakan orang. Salah satunya adalah pola Phi yang hanya berhasil dipecahkan oleh seorang ahli astrofisika !


Partikel Besi Mikro bermagnet
Ciri lain yang hampir mustahil ditiru oleh manusia adalah adanya Partikel Besi bermagnet yang ditemukan pertama kali oleh para peneliti dari BLT Institute. Partikel besi bermagnet tersebut memiliki diameter 10-50 mikrometer dan terdistribusi secara merata dan linear di perimeter Crop Circle. Menurut para peneliti, partikel besi ini mungkin muncul karena terciptanya kolom udara yang terionisasi (Plasma Vortex).


Perubahan struktur Kristalin batang gandum
Ciri lainnya adalah adanya perubahan struktur Kristalin pada tanaman gandum. Karakter ini hampir dipastikan tidak dapat ditiru oleh orang lain.

Perubahan komposisi kimiawi tanah
Peneliti lainnya juga menemukan pada beberapa kasus terjadi perubahan komposisi kimiawi tanah tempat terciptanya Crop circle.

Timbulnya medan magnet misterius di lokasi
Pada crop circle yang asli, umumnya terdapat medan magnet yang sangat kuat di dalam lingkaran formasinya. Medan magnet ini dapat mematikan peralatan elektrik. Ciri ini tidak ditemukan pada crop circle buatan manusia.

Crop Circle - Tantangan Sains
Pada tahun 2002, Discovery Channel menugaskan 5 insinyur aeronautic dan austronautic dari MIT untuk membuat Crop Circle. Syaratnya mereka harus membuat Crop circle yang paling tidak memiliki 3 ciri, yaitu :

1. Batang gandum yang tidak patah
2. Ada lubang-lubang uap pada batang gandum
3. Adanya partikel besi berdiameter 10-50 mikrometer yang tersebar merata secara linear di formasi Crop circle.

Tim tersebut kemudian membuat sebuah crop circle, lalu berusaha memasukkan 3 karakter diatas. Mereka menggunakan microwave emitter untuk meningkatkan suhu batang gandum hingga berubah menjadi uap. Mereka lalu menggunakan flamethrower untuk menyemprot partikel besi. Namun ternyata peralatan tersebut memakan terlalu banyak waktu dan tidak efektif sehingga mereka terpaksa menggunakan pyrotechnic untuk menyebarkan partikel besi secara merata.

Dengan seluruh teknologi canggih yang digunakan, para insinyur MIT hanya dapat menghasilkan 2 ciri dengan sempurna. Ciri ketiga, yaitu partikel besi tersebar tidak dengan merata. Lagipula menurut peneliti Crop circle, para tim tersebut menggunakan ilmu pengetahuan dan peralatan canggih yang jelas diluar jangkauan para Hoaxer lainnya.

Bukan hanya di Inggris, Percobaan mereproduksi Crop circle ternyata pernah dilakukan oleh seorang peneliti Jepang bernama Y. Ohtsuki (Crop circle pernah muncul di sawah padi di Jepang). Ia memang berhasil menciptakan karakter asli crop circle yaitu dengan cara menjatuhkan bola api plasma ke sebuah piringan yang ditaburi debu alumunium. Ya, karakteristik yang sederhana-pun membutuhkan ilmu pengetahuan yang cukup rumit.

Pernah suatu hari, para peneliti yang berusaha menciptakan kembali Crop circle dengan segala karakteristiknya menggunakan derek seberat 40 ton hanya untuk memasang penerangan agar mereka dapat bekerja pada malam hari. Atraksi itu menarik banyak penonton yang ingin tahu. Crop circle asli muncul tanpa adanya atraksi dan keramaian seperti itu. mereka hanya muncul dengan tiba-tiba.

Alasan kenapa tidak ada crop circle di Indonesia


Sering saya berpikir tentang kenapa di Indonesia tidak pernah ada crop circle ? akhirnya waktu yang lalu setelah meng.google ria, ketemulah jawabannya
Sebelum membahas lebih jauh saya akan memberi gambaran tentang ciri-ciri tempat yang memungkinkan untuk crop circle bisa dibuat...

1. Kanvas melukis harus tebal, yang memungkinkan untuk memberi efek 2 dimensi atau 3 dimensi yang artinya tanaman tersebut harus memiliki tinggi yang sesuai...
2. Areal atau bidang harus luas....
3. Areal tersebut harus rata sehingga bisa menghasilkan crop circle yang sempurna jika dilihat dari atas...
4. Jauh dari pemukiman , sehingga tidak ada kemungkinan orang mengintip cara kerja mereka ( inilah kunci sukses rahasia dapur mereka yang menjadikannya tetap misterius )

Mungkin pernah ada tetapi petani tidak pernah mendokumentasikan hal tersebut. hal yang pasti di Indonesia para petani kita bukan seperti para petani diluar negeri. Petani ditempat saya begitu pergi ke sawah dan melihat tanaman padinya rubuh segera menegakkannya kembali dengan memberi tali yang ditarik lurus dan diikat pada tanaman yang lain.Dan di Indonesia jarang atau bahkan hampir tidak ada namanya penerbangan pribadi untuk menyiram pupuk seperti di luar negeri yang juga bisa dijadikan alat transportasi dokumentasi crop circle dari angkasa( buru-buru menyiram pupuk pakai pesawat...wong untuk beli pupuk saja petani Indonesia harus ngutang....)

Hal yang perlu diingat lagi crop circle tidak pernah mampir di areal persawahan yang menanam padi....tetapi mampir ke tempat saudaranya yaitu persawahan yang ditanami gandum dan jagung....
Tanaman padi memiliki ketinggian hanya sekitar 50 - 60 cm itupun dari jenis beras ketan yang bisa mencapai ketinggian seperti itu..sedangkan untuk gandum mencapai 80 - 100 cm dan jagung bisa mencapai 2 meter..(kalau tebu...? wahh...rasanya para pembuat crop circle ini belum punya alat untuk membengkokkan tebu yang keras tersebut) yang tampaknya kurang cocok bagi crop circle maker karena menurut mereka mungkin kanvas dengan ketinggian seperti itu terlalu tipis hingga tidak bisa menghasilkan crop circle yang baik seperti crop circle 3 dimensi misalnya...
Kemudian dari areal persawahan, di Indonesia banyak menggunakan areal persawahan terasiring yang memudahkan petani untuk mengairi sawahnya, dengan sistem ini maka sawah akan bersab-sab turun kebawah berbentuk seperti undakan yang akan menyulitkan para pembuat crop circle yang notabene hasil karyanya memerlukan bidang luas yang rata sehingga bisa dilihat dari atas seperti sebuah lukisan maha karya....

Satu lagi , kalau anda mengamati sawah di Indonesia anda pasti membayangkan berjalan dipematang sawah dan menikmati hijaunya sawah juga menghirup udara segar.....
Ya..."pematang sawah"....ini juga penghambat pembuat crop circle...coba anda amati sawah orang Inggris yang jadi tempat nongkrong para pelukis crop circle....there is no "pematang sawah"...!!!cuma beberapa lajur kosong yang tidak ditanami dan sebagai jalur penyiraman yang memakai kendaraan bukan seperti di Indonesia yang pakai sistem pengairan terasiring.....yang menjadikan sawah becek sehingga kurang cocok untuk membuat crop circle.
Dan pematang-pematang sawah tersebut paling lebar tidak mencapai 50 meter yang membuatnya sulit untuk melukis dengan bidang yang sempit...sedangkan crop circle biasanya memerlukan area yang lebih luas dari itu.Seperti areal persawahan di Inggris yang mencapai berhektar-hektar dan rata seperti lapangan sepak bola...

Di Indonesia petani tidak memiliki keseragam bercocok tanam, swah yang satu menanam padi yang disebelah menanam jagung tetangganya bisa menanam ganja...sehingga sulit untuk mendapatkan areal sawah yang murni hanya ditanami tanaman sejenis....
Lalu yang lainnya mungkin karena petani Indonesia jam 5 pagi sudah standby bersama cangkulnya disawah membuat jam para pembuat crop circle ini berkurang belum lagi tiap malam para ulu-ulu atau tukang mengairi sawah keliling untuk membuka aliran air sawah bergiliran....lalu nongkrong di gubuk sambil menghisap rokok dan minum kopi...


Hilangnya crop circle


Mungkin suatu hari anda sedang menjelajahi dunia dengan google earth. Anda menyusuri lahan-lahan pertanian di Wiltshire, lalu anda menuju ke Sillbury Hill, Ogburn , Knighton Hill, Tidcombe, Oxfordshire, Windmill Hill, Morgan Hill. Satu persatu anda teliti dan anda terheran-heran karena anda tidak menemukan satupun crop circle indah seperti yang pernah anda saksikan di foto-foto. Kemanakah semua crop circle itu pergi ? Jawabannya adalah "Nothing Lasts Forever"
Ketika nyanyian panen berkumandang, bahkan sebuah mahakarya dari sang jenius dengan segala keindahan dan kerumitannya tidak sanggup bertahan di tangan seorang petani yang hanya mencoba untuk memberi makan keluarganya.
Tahukah anda mengapa pada bulan September hingga Oktober 2009 ini tidak ada kemunculan Crop Circle yang baru di Inggris ?

Jawabannya adalah : Bulan September adalah masa panen raya bagi para petani di Inggris. Jadi mungkin tahun depan kita baru bisa menyaksikan kemunculan Crop Circle yang baru di Inggris ketika ladang-ladang mereka telah ditumbuhi oleh batang-batang gandum yang baru.


Hal-hal lain


Crop Sircle juga sring dihubungkan dngan peradaban suku maya, alien, maupun ufo” yang lagi numpang lewat nggambar2.
Beberapa Crop Circle banyak yang menggambarkan tentang ramalan 2012 ataupun kalender-kalender maya, penanggalan maya, juga peristiwa solar storm, ataupun hal-hal lain yang bersifat seperti ramalan-ramalan masa depan, dan juga de.el.el sbagainya ..
Kebanyakan juga Crop Circle memiliki pola-pola matematika dan kadang membutuhkan pemecahan2 kode tersendiri seperti : Pappus chain, Mandelbrot Set, Yin Yang, Droz Farny Circle, Gershgorin Teorema, Mohr's Circle, Crescent Circle, Pythagoras tree, Prime circle, Arc Resulotion and Arc Form, Argument Principle, Optic Curve of a regular Polygon, dan lain2 sbagainya (monggo nggoogle ndiri).

Mungkin sekian dulu bwt penjelasan singkat ttg crop circle.. jika kurang jelas, silahkan nggoogle... hehehee ..

ini beberapa website ttg cropcircle ..

http://www.cropcirclesecrets.org/
http://www.google.com/
http://www.cropcircleconnector.com/
http://www.thecropcirclewebsite.50megs.com/
http://www.cropcirclerese

Tidak ada komentar: